Penulis / NIM
FATRIA AHMAD / 151408368
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
Fatria Ahmad. 151 408 368, Meningkatkan Keterampilan Operasi Hitung Campuran Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan Melalui Media Blok Dienes Pada Siswa Kelas II SDN No. 94 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah keterampilan operasi hitung campuran tentang penjumlahan dan pengurangan dapat meningkat melalui media Blok Dienes pada siswa kelas II SDN No. 94 Sipatana Kota Gorontalo?” Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan keterampilan operasi hitung campuran tentang penjumlahan dan pengurangan melalui media Blok Dienes pada siswa kelas II SDN No. 94 Sipatana Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus di kelas II SDN No. 94 Sipatana Kota Gorontalo. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian, pada siklus I menunjukkan ketuntasan sejumlah 18 orang siswa atau sebesar 72% dan tidak tuntas 7 orang siswa atau sebesar 28%. Pada tindakan siklus II ketuntasan lebih meningkat menjadi 23 orang siswa atau sebesar 92%, dan tidak tuntas 2 orang siswa atau sebesar 8%.
Kesimpulan bahwa dengan menggunakan media Blok Dienes keterampilan operasi hitung campuran tentang penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas II SDN No. 94 Sipatana Kota Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Media, Blok Dienes, Penjumlahan dan Pengurangan.
Download berkas