Penulis / NIM
IRI GOBEL / 151408389
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Iri Gobel. 2012. Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara Menyampaikan
Pesan Tentang Petuinjuk Penggunaan Suatu Alat Melalui Metode Diskusi di
Kelas IV SDN No. 25 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Pembimbing I Dra. Evi Hasyim, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman,
M.Hum
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa berbicara
menyampaikan pesan tentang petuinjuk penggunaan suatu alat melalui metode
diskusi di kelas IV SDN No. 25 Dungingi Kota Gorontalo.
Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilakukan di kelas IV SDN No. 25 Dungingi. Sumber data dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IV. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa
observasi lapangan selama proses pembelajaran berlangsung, hasil observasi
aktivitas guru dan siswa, hasil evaluasi siswa, wawancara serta dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan metode diskusi di kelas IV SDN No. 25
Dungingi dapat meningkatkan kemampuan siswa berbicara menyampaikan pesan
tentang penggunaan suatu alat, hal ini ditunjukkan dengan ketuntasan yang
diperoleh siswa pada observasi awal sejumlah 10 orang siswa atau 38.46%, pada
siklus I meningkat sejumlah 19 orang siswa atau 73.08%, sedangkan pada siklus
II lebih meningkat menjadi sejumlah 24 orang siswa atau sebesar 92.30%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan berbicara
siswa dalam menyampaikan pesan tentang penggunaan suatu alat dengan
menggunakan metode diskusi dan siswa terlihat lebih aktif dalam proses
pembelajaran.
Kata Kunci: kemampuan menyampaikan pesan, metode diskusi.
ABSTRACT
Iri Gobel. 2012. Improving Ability Of Student Converse To Submit Message
About Petuinjuk Usage Appliance Through Method Discussion in Class of IV
SDN No. 25 Dungingi Town of Gorontalo. Skripsi, Majors Education Of
Elementary Schoolteacher, Faculty Science Education, University Country of
Gorontalo. Counsellor Of I Dra. Evi Hasyim, M.Pd and Counsellor Of II Dra.
Dajani Suleman, M.Hum.
Intention of this research is to improve ability of student converse to submit
message about petuinjuk of usage an appliance pass/through discussion method in
class of IV SDN No. 25 Dungingi Town of Gorontalo.
Research the used is Research Of Action Class (PTK) in class of IV SDN No. 25
Dungingi. Source of data in this research is entire/all class student of IV. collected
Data of this research in the form of field observation during study process take
place, result of activity observation learn and student, result of student evaluation,
interview and also documentation.
Pursuant to result of research, usage of discussion method in class of IV SDN No.
25 Dungingi can improve ability of student converse to submit message about
usage an appliance, this matter is shown completely which is obtained by student
at observation early a number of 10 student people or 38.46%, at cycle of I mount
a number of 19 student people or 73.08%, while at cycle of II more mounting to
become a number of 24 student people or equal to 92.30%.
Conclusion of this research is the existence of the make-up of ability converse
student in submitting message about usage an appliance by using discussion
method and student seen more active in course of study.
Keyword: Ability submit message, discussion method.
Download berkas