Penulis / NIM
NINGSIH ISKANDAR / 151408419
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
Ningsih Iskandar. NIM. 151 408 419. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menghargai Keputusan Bersama Melalui Model Pembelajaran Jigsaw di Kelas V SDN No. 29 Kota Selatan Kota Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar dan pembimbing II Nurhayati Tine, S.Pd.,M.HI
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: apakah hasil belajar tentang materi menghargai keputusan bersama pada siswa kelas V SDN 29 Kota Selatan Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran jigsaw?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn tentang materi menghargai keputusan bersama melalui model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas V SDN 29 Kota Selatan Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dibagi dalam dua siklus..
Dari hasil penelitan diketahui bahwa hasil belajar PKn tentang materi menghargai keputusan bersama melalui model pembelajaran jigsaw pada siklus II mengalami peningkatan yakni 22 orang (79%) dibandingkan kegiatan siklus I yang meningkat hanya mencapai 19 orang (68%).
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe jigsaw dpat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar PKn tentang materi menghargai keputusan bersama pada siswa kelas V SDN 29 Kota Selatan. Peningkatan hasil belajar PKn tentang materi menghargai keputusan bersama pada siswa kelas V SDN 29 Kota Selatan di siklus I mencapai 19 orang (68%) dari 28 siswa. Setelah dilaksanakan tindakan kelas siklus II meningkat lagi mencapai 22 orang (79%).
Download berkas