Penulis / NIM
NOVITA ABDULLATIEF / 151408421
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Abstrak
Abstrak
Novita Abdullatief. 2016. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata melalui Tehnik Dikte Pada Siswa Kelas 1 SDN 5 Sumalata Timur Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dr. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui teknik Dikte kemampuan menulis kata pada siswa kelas 1 SDN 5 Sumalata Timur Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara dapat ditingkatkan?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis kata melalui tehnik dikte pada siswa kelas 1 SDN 5 Sumalata Timur Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis kata melalui tehnik dikte pada siswa kelas 1 SDN 5 Sumalata Timur Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara pada siklus 1 belum mencapai target yang dicapai, sehingga kegiatan pembelajaran ini perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Pada siklus II yang dilakukan peneliti sudah maksimal sesuai target yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan 21 siswa dengan aspek yang diamati yaitu mampu menulis huruf, ada 18 siswa atau 85,71%, kurang mampu ada 3 siswa atau 14,29%, dan tidak mampu tidak ada, sedangkan aspek mampu merangkai huruf demi huruf menjadi suku kata pada kategori mampu 15 siswa atau 71,42%, kurang mampu 4 siswa atau 33,33% dan yang tidak mampu 2 siswa atau 23,81%, dan aspek mampu merangkai suku kata menjadi kata pada kategori mampu 12 siswa atau 57,14%, kurang mampu 7 siswa atau 33,33%, pada kategori tidak mampu 2 siswa atau 9,53%, kesemuanya adalah aspek yang berhubungan dengan kompetensi siswa dalam kegiatan pembelajaran sudah mencapai target yang dicapai, sehingga kegiatan pembelajaran ini tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikutnya. Berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan melalui teknik dikte kemampuan menulis kata pada siswa kelas 1 SDN 5 Sumalata Timur Kecamatan Sumalata Timur Kabupaten Gorontalo Utara meningkat
Kata Kunci : Menulis, kata dan teknik dikte
Abstract
Novita Abdullatief. 2016. Improving the Ability to Write Words through Dictation Techniques in Grade 1 Students of SDN 5 Sumalata Timur, Sumalata Timur District, North Gorontalo District, Faculty of Education, Gorontalo State University. Advisor I Dra. Dajani Suleman, M.Hum and Advisor II Dr. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd.
The formulation of the problem in this study is whether through the Dictation technique the ability to write words in grade 1 SDN 5 Sumalata Timur, Sumalata Timur District, North Gorontalo Regency can be improved? This study aims to improve word writing skills through dictation techniques in grade 1 SDN 5 Sumalata Timur, Sumalata Timur District, North Gorontalo District. This type of research is classroom action research.
The results showed that the ability to write words through dictation techniques in grade 1 students of SDN 5 Sumalata Timur, Sumalata Timur District, North Gorontalo District in cycle 1 had not reached the target achieved, so this learning activity needed to be continued in the next cycle. In cycle II, the researchers carried out the maximum according to the expected target. This can be seen from the observations of 21 students with the observed aspects of being able to write letters, there are 18 students or 85.71%, there are 3 students or 14.29% less able, and are unable to not exist, while the aspects are able to compose letters by letters into syllables in the capable category of 15 students or 71.42%, 4 students or 33.33% less able and 2 students or 23.81% unable, and aspects of being able to arrange syllables into words in the capable category of 12 students or 57.14%, underprivileged 7 students or 33.33%, in the incapable category of 2 students or 9.53%, all of which are aspects related to student competence in learning activities that have reached the targets achieved, so this learning activity is not necessary continued in the next cycle. Based on all the discussions and analyzes that have been carried out in this study, it can be concluded that through the dictation technique, the ability to write words in grade 1 students of SDN 5 Sumalata Timur, Sumalata Timur District, North Gorontalo Regency increases.
Keywords: Writing, word and dictation techniques
Download berkas