SKRIPSI

Penulis / NIM
RAMLAH PAKAJA / 151408437
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK Ramlah Pakaja. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Tematik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas II SDN NO.12 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs, Ahmad Lamusu, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas II SDN No. 12 Kota Barat Kota Gorontalo. Manfaat dari penelitian ini adalah; 1) Bagi siswa, meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran tematik pada pembelajaran IPA. 2) Bagi guru, meningkatkan profesionalitas guru dalam megelola proses pembelajaran terutama pada pembelajaran di kelas rendah. 3) Bagi sekolah, memberikan input kepada guru dalam upaya meningkatkan prestasi siswa terutama pada pembelajaran tematik di kelas rendah. 4) Bagi Peneliti, akan menambah pengetahuan dan pengalaman dalam menemukan cara yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa rendah melalui penerapan model pembelajaran tematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun hasil penelitian tindakan kelas pada pembelajaran siklus I belum menghasilkan yang bermakna bagi siswa. Dalam hal ini capaian hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dari 24 orang siswa yang dikenai tindakan hanya 11 orang siswa atau 45,83 % yang memperoleh nilai 70 ke atas, sedangkan pada siklus II meningkat dimana siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 20 orang atau 83.33%. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan jika digunakan Model Pembelajaran Tematik dalam pembelajaran pada Mata pelajaran IPA maka hasil belajar siswa kelas II sekolah meningkat. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Tematik ABSTRACT Ramlah Pakaja. 2012. Improving Result Learn Student Through Model Study Of Tematik At Subject of IPA Class of II SDN NO.12 Town West Town of Gorontalo. Skripsi, Majors Education Of Elementary School Faculty Science Education Of University State of Gorontalo. Counsellor of I Prof. Dr H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd and Counsellor Of II Drs, Ahmad Lamusu, M.Pd. Target of this research is to improve result learn student at subject of IPA class of II SDN No. 12 Town West Town of Gorontalo. Benefit of this research is 1) To student, improving result learn student pass/through applying of model study of tematik at study of IPA 2) To teacher, improving profesionalitas learn in megelola process study especially at study in low class 3) To school, giving input to teacher in the effort improving student achievement especially at study of tematik in low class 4) To Researcher, will add experience and knowledge in finding the way of which is conducted to increase result of learning low student through applying of model study of tematik. Method which is used in this research is method research of class action and executed in two cycle. As for result of research of class action at study of cycle of I not yet yielded having a meaning of to this matter siswa. In this case performance result of learning student at cycle of I indicate that from 24 student people hit by action only 11 student people or 45,83 % obtaining value 70 to to the, while [at] cycle of II mount where student obtaining value 70 to to the amounting to 20 people or 83.33%. From result of research of class action which is can be concluded by if used by Model Study of Tematik in study at Subject of IPA hence result learn class student of II school mount. Keyword: Result Learn, Model Study of Tematik
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011