SKRIPSI

Penulis / NIM
RETTY SUNARYO TOLINGGI / 151408446
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
RETTY S.TOLINGGI. NIM: 151 408 446. “Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Koperasi Melalui Model Make A Match Di Kelas IV SDN NO. 86 Kota Tengah Kota Gorontalo.” Suatu penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Gorontalo, Program S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan model make a match dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi koperasi di kelas IV SDN No. 86 Kota Tengah Kota Gorontalo. Adapun tujuan penelitian adalah meningkatkan pemahaman siswa pada materi koperasi melalui model make a match di Kelas IV SDN No. 86 Kota Tengah Kota Gorontalo. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dimana tindakan penelitian dihentikan jika telah tercapai kriteria ketuntasan belajar sebesar 80% dari jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor lebih dari 65. Subyek dalam penelitian ini adalah 22 siswa kelas IV SDN NO. 86 Kota Tengah Kota Gorontalo Tahun pelajaran 2011-2012. Pemahaman belajar siswa diukur berdasarkan kriteria ketuntasan belajar perorangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan data pada siklus pemahaman siswa yang diukur dari 4 indikator, pada siklus I ketepatan jawaban 63,63%, pada siklus II meningkat 81,81%. Pada siklus I, indikator waktu mencapai 63,63%, pada siklus II meningkat menjadi 81,81%, pada siklus I kerjasama mencapai 77,27%, pada siklus II meningkat menjadi 90,90% dan disiplin pada siklus I mencapai 72,72% meningkat menjadi 90,90% pada siklus II. Jika dilihat dari hasil yang diperoleh maka pemahaman siswa telah mencapai indikator keberhasilan bahkan melebihi prosentase yang telah ditetapkan yaitu 80%. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa dengan menggunakan model make a match, pemahaman belajar siswa pada pembelajaran IPS tentang koperasi telah tercapai dengan baik. Kata kunci: Pemahaman belajar siswa, model make a match.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011