SKRIPSI

Penulis / NIM
RONALD LALUJAN / 151408449
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
Ronald Lalujan:151408449. Meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan narasi dengan menggunkan media lingkungan pada di kelas IV SDNo 30 Kota Selatan Kota Gorontalo. SkripsiJurusanPendidikan Guru SekolahDasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd,. M.Pd dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohammad,S.Pd,.M.Pd. Masalah dalam penelitian ini yaitu ”Apakah dengan menggunakan media lingkungan pada pembelajaran bahasa Indonesia, kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas IV Kota Selatan Kota Gorontalo akan meningkat?. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya peningkatan kemampuan siswa menulis karangan narasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pemberian tugas yang dikolaborasi dengan karya wisata. Sedangkan tehniknya dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar dan obsevasi untuk memperoleh data dalam rangka mendukung pelaksanaan penelitian. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV, dengan jumlah 24 orang , yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada siklus I, dari jumlah siswa sebanyak 24 orang, siswa yang memperoleh nilai yang mencapai ketuntasan dengan ”Kriteia Ketuntasan Minimal ( KKM )” 75 ke atas sebanyak 14 orang ( 58,3 % ) , sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 24 orang siswa (100 %) dengan KKM yang sama serta dengan daya serapnya 90%. Dengan demikian siswa yang tidak mencapai nilai ketuntasan pada siklus I berjumlah 10 orang siswa (41,6%) sedangkan pada siklus II turun menjadi 0 %. Hasil capaian ini sangat memuaskan karena melebihi target capaian yang telah ditetapkan dalam indikator keberhasilan yakni 90 % dari jumlah siswa sebanyak 24 orang dengan kriteria ketuntasan nilai 75 keatas. Dari penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis karangan narasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN No 30 Kota Selatan Kota Gorontalo dapat ditingkatkan ,dengan menggunakan media lingkungan sebagai sumber belajar. Dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima. Kata kunci: Menulis Karangan Narasi, Media Lingkungan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011