Penulis / NIM
SARINA KATILI / 151408457
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
SARINA KATILI. NIM: 151 408 457. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajahan Belanda Melalui Pembelajaran Kooperatif Model STAD Di Kelas V SDN 97 Sipatan Kota Gorontalo” Penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Gorontalo, Program S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui pembelajaran kooperatif model STAD hasil belajar siswa tentang materi materi perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan Belanda dapat ditingkatkan. Adapun tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajahan Belanda melalui pembelajaran kooperatif model STAD di kelas V SDN 97 Sipatana Kota Gorontalo. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dimana tindakan penelitian dihentikan jika telah tercapai kriteria ketuntasan belajar sebesar 75% dari jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor lebih dari 65. Subyek dalam penelitian ini adalah 15 siswa kelas Kelas V SDN 97 Sipatan Kota Gorontalo Tahun pelajaran 2011-2012. Hasil belajar siswa diukur berdasarkan kriteria ketuntasan belajar perorangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan data hasil belajar pada sisklus 1 yang memperoleh nilai 85 berjumlah 2 orang atau 17%, yang memperoleh nilai 75 berjumlah 5 orang atau 38%, yang memperoleh nilai 65 berjumlah 1 orang atau 6%, yang memperoleh nilai 55 berjumlah 5 orang atau 28,2%, yang memperoleh nilai 45 berjumlah 2 orang atau 9%. Dengan rata-rata 65. Sementara hasil belajar siswa pada siklus 2 yang memperoleh nilai 85 berjumlah 10 orang atau 74%, yang memperoleh nilai 75 berjumlah 2 orang atau 13%, yang memperoleh nilai 65 berjumlah 1 orang atau 6%, yang memperoleh nilai 45 1 orang atau 4%, dan yang memperoleh nilai 35 1 orang atau 3%. Dengan rata-rata 81,33. Hasil belajar siswa pada siklus I yakni 41,6 % dan meningkat pada siklus II menjadi 91,6 %.
Kesimpulan hasil penelitian bahwa pembelajaran kooperatif model STAD pada materi Perjuangan Bangsa Indonesia Melawan Penjajahan Belanda dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: hasil belajar siswa, model STAD.
Download berkas