SKRIPSI

Penulis / NIM
SARLIN G. AYUHULALO / 151408460
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
SARLIN G. AYUHULALO, NIM. 151408460. 2012. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama Melalui Media Blok Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN No. 79 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Samsiar Rivai, S.Pd. M.Pd dan Pembimbing II. Ismail Pioke, S.Pd. M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media blok pecahan dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal penjumlahan pecahan bepenyebut tidak sama pada siswa kelas V SDN No. 79 Kota Tengah Kota Gorontalo. Tujuan dari pelaksanaan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama melalui media blok pecahan pada siswa kelas V SDN No. 79 Kota Tengah Kota Gorontalo. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan prosedur penelitian terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap obserevasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I ada 8 orang atau 42% siswa yang mampu menyelesaikan soal penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dan 9 orang atau 47% siswa yang mampu menggunakan blok pecahan dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama. Ini berarti bahwa tindakan siklus I belum mencapai indicator kinerja, yakni 75%. Dengan demikian diadakan tindak lanjut ke siklus II. Pada siklus II ada 14 orang atau 74% siswa yang mampu menyelesaikan soal penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dan 14 orang atau 74% siswa yang mampu menggunakan blok pecahan dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama. Dengan demikian indicator kinerja telah tercapai sehingga pembelajaran dianggap tuntas. Disimpulkan bahwa, media blok pecahan dapat meningkatkan kemapuan menyelesaikan soal penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama pada anak kelas V SDN No. 79 Kota Tengah Kota Gorontalo. Kata Kunci : Kemampuan siswa dan media blok pecahan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011