Penulis / NIM
SARLIN G. AYUHULALO / 151408460
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
SARLIN G. AYUHULALO, NIM. 151408460. 2012. Meningkatkan Kemampuan
Menyelesaikan Soal Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama Melalui Media Blok
Pecahan Pada Siswa Kelas V SDN No. 79 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Samsiar Rivai, S.Pd. M.Pd dan Pembimbing II. Ismail Pioke,
S.Pd. M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media blok pecahan
dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal penjumlahan pecahan bepenyebut tidak
sama pada siswa kelas V SDN No. 79 Kota Tengah Kota Gorontalo. Tujuan dari pelaksanaan
penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal penjumlahan pecahan
berpenyebut tidak sama melalui media blok pecahan pada siswa kelas V SDN No. 79 Kota
Tengah Kota Gorontalo.
Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi
dengan prosedur penelitian terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap obserevasi
dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I ada 8 orang atau 42% siswa yang mampu
menyelesaikan soal penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dan 9 orang atau 47%
siswa yang mampu menggunakan blok pecahan dalam menyelesaikan soal penjumlahan
pecahan berpenyebut tidak sama. Ini berarti bahwa tindakan siklus I belum mencapai
indicator kinerja, yakni 75%. Dengan demikian diadakan tindak lanjut ke siklus II. Pada
siklus II ada 14 orang atau 74% siswa yang mampu menyelesaikan soal penjumlahan pecahan
berpenyebut tidak sama dan 14 orang atau 74% siswa yang mampu menggunakan blok
pecahan dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama. Dengan
demikian indicator kinerja telah tercapai sehingga pembelajaran dianggap tuntas.
Disimpulkan bahwa, media blok pecahan dapat meningkatkan kemapuan menyelesaikan soal
penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama pada anak kelas V SDN No. 79 Kota Tengah
Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Kemampuan siswa dan media blok pecahan
Download berkas