Penulis / NIM
SURYAN PATAJENU / 151408478
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
Suryani Patadjenu.2012. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman
Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division
(STAD) Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Nomor 80 Kota Tengah Kota
Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Rusmin
Husain,S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman
siswa kelas IV SD melalui model Student Teams Achievement Division (STAD).
Permasalahan yang diangkat penulis dalam penulisan ini adalah Apakah
pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD)
dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa SD kelas IV?
Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, Penulis
menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Tekhnik pengumpulan
data dalam bentuk observer, tes dan dokumentasi.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pada Siklus I, siswa telah dapat bekerja
sama dalam hal menentukan tema bacaan menentukan pokok pikiran (tema) setiap
paragraf, dan menyimpulkan isi bacaan. Pada siklus II, siswa telah dapat
menjawab pertanyaan isi bacaan secara individual dan menempatkan siswa pada
kelompoknya masing-masing. Berdasarkan penilaian secara individual dan
kelompok terjadi peningkatan skor atau nilai yakni dari Skor dasar atau nilai ratarata
67,71 menjadi skor atau nilai rata- rata 08,04. Hal ini menunjukkan bahwa
Pada siklus II telah terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada
siswa kelas IVSDN No. 80 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Berdasarkan Uraian Pada Siklus I dan Siklus II maka dapat disimpulkan bahwa
Pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD)
dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN No.
80 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Membaca Pemahaman,Model STAD
Download berkas