SKRIPSI

Penulis / NIM
SURYAN PATAJENU / 151408478
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
Suryani Patadjenu.2012. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Nomor 80 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Rusmin Husain,S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD melalui model Student Teams Achievement Division (STAD). Permasalahan yang diangkat penulis dalam penulisan ini adalah Apakah pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa SD kelas IV? Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, Penulis menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Tekhnik pengumpulan data dalam bentuk observer, tes dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pada Siklus I, siswa telah dapat bekerja sama dalam hal menentukan tema bacaan menentukan pokok pikiran (tema) setiap paragraf, dan menyimpulkan isi bacaan. Pada siklus II, siswa telah dapat menjawab pertanyaan isi bacaan secara individual dan menempatkan siswa pada kelompoknya masing-masing. Berdasarkan penilaian secara individual dan kelompok terjadi peningkatan skor atau nilai yakni dari Skor dasar atau nilai ratarata 67,71 menjadi skor atau nilai rata- rata 08,04. Hal ini menunjukkan bahwa Pada siklus II telah terjadi peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IVSDN No. 80 Kota Tengah Kota Gorontalo. Berdasarkan Uraian Pada Siklus I dan Siklus II maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN No. 80 Kota Tengah Kota Gorontalo. Kata Kunci: Membaca Pemahaman,Model STAD
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011