SKRIPSI

Penulis / NIM
YAKOB ABDUL / 151408492
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
vii ABSTRAK Yakob Abdul. Nim 151 408 492. 2012”Meningkatkan Kemampuan Menentukan FPB Dua Bilangan Melalui Metode Euclides Pada Siswa Kelas V SDN. No.1 Kota Barat Kota Gorontalo” Skripsi, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Ismail Pioke S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan Metode Euclides dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN No. 1 Kota Barat Kota Gorontalo dalam menentukan FPB dua bilangan akan meningkat?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menentukan FPB dua bilangan dengan Metode Euclides pada siswa kelas V SDN No. 1 Kota Barat Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I belum menghasilkan yang bermakna bagi siswa. Dalam hal ini capaian kemampuan siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dari 27 orang siswa yang dikenai tindakan hanya 14 orang siswa atau 51,85 % yang memperoleh nilai 70 ke atas, sedangkan pada siklus II meningkat dimana siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas 22 orang atau 81,48%. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan digunakan Metode Euclides dalam pembelajaran, maka kemampuan siswa kelas V SDN No. 1 Kota Barat dalam menentukan FPB dua bilangan meningkat. Kata Kunci: Kemampuan, Menentukan, FPB, Metode Euclides. vii viii ABSTRACT Yakob Abdul. 151 408 492. 2012, "Determining the FPB Upgrading Two Numbers Through Euclid's method of fifth grade Students SDN No.1 Kota Barat , Gorontalo City" Thesis, Department of Primary Education Faculty of Education, State University of Gorontalo. First Mentor Dra.Martianty Nalole, M.Pd.,Second Mentor, and Ismail Pioke, M.Pd. Problems in this study is "What is the use of Euclidean methods can improve the ability of the fifth grade students of SDN 1 Kota Barat Gorontalo city in determining FPB of two numbers be increased?" The purpose of this study is to Increase Capabilities Determine FPB of Two Numbers With the method of Euclid at the fifth grade students SDN No 1 Kota Barat, the city of Gorontalo The method used in this study is action research methods class and implemented in two cycles. The results of research on class actions have not produced in the first cycle of learning that are meaningful to students. In this case the achievement of student learning outcomes in students first cycle showed that of 27 students who are the actions of just 14 people or 51.85% of students who obtained a score above 70, whereas in the second cycle increases where students score above 70 increased to 22 students or 81.48%. From the research conducted class actions can be inferred when using the Euclidean method of learning, the ability of the fifth grade students at SDN No.1 Kota Barat in determining the FPB of two numbers is increased. Keywords: Determining, Capability, FPB, Euclidean method.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011