Penulis / NIM
YOHANA HS. ALI / 151408498
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
Yohana Hs. Ali. 151 408 498. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi
Perkembangan Teknologi Melalui Model Think Pair Share Pada Pembelajaran IPS Di
Kelas IV SDN 46 Hulontalangi Kota Gorontalo.” Suatu penelitian Tindakan Kelas,
Skripsi, Gorontalo, Program S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri
Gorontalo, 2012.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan
pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran IPS tentang perkembangan teknologi di kelas IV SDN 46
Hulontalangi Kota Gorontalo. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan
hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi melalui pembelajaran model
Think-Pair-Share di kelas IV SDN 46 Hulontalangi Kota Gorontalo. Sementara
teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dimana tindakan
penelitian dihentikan jika telah tercapai kriteria ketuntasan belajar sebesar 80% dari
jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor lebih dari 65. Subyek
dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas IV SDN No. 46 Kecamatan Hulontalangi
Tahun pelajaran 2011-2012. Hasil belajar siswa diukur berdasarkan kriteria
ketuntasan belajar perorangan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan data pada siklus 1 tentang hasil
belajar siswa mengenai perkembangan teknologi, pada siklus I, siswa yang
memperoleh nilai ketuntasana berjumlah 23 siswa atau 63,9%, dan pada siklus II,
siswa yang memperoleh ketuntasan belajar berjumlah 32 siswa atau 88%, dan yang
belum tuntas berjumlah 4 orang dengan prosentase 12%, dengan daya serap 85,8..
Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa dengan menggunakan model Think-
Pair-Share, hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tentang perkembangan
teknologi telah tercapai dengan baik.
Kata kunci: Hasil belajar siswa, model Think-Pair-Share.
Download berkas