SKRIPSI

Penulis / NIM
YOHANA HS. ALI / 151408498
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
Yohana Hs. Ali. 151 408 498. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangan Teknologi Melalui Model Think Pair Share Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SDN 46 Hulontalangi Kota Gorontalo.” Suatu penelitian Tindakan Kelas, Skripsi, Gorontalo, Program S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS tentang perkembangan teknologi di kelas IV SDN 46 Hulontalangi Kota Gorontalo. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi melalui pembelajaran model Think-Pair-Share di kelas IV SDN 46 Hulontalangi Kota Gorontalo. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas, dimana tindakan penelitian dihentikan jika telah tercapai kriteria ketuntasan belajar sebesar 80% dari jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor lebih dari 65. Subyek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas IV SDN No. 46 Kecamatan Hulontalangi Tahun pelajaran 2011-2012. Hasil belajar siswa diukur berdasarkan kriteria ketuntasan belajar perorangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan data pada siklus 1 tentang hasil belajar siswa mengenai perkembangan teknologi, pada siklus I, siswa yang memperoleh nilai ketuntasana berjumlah 23 siswa atau 63,9%, dan pada siklus II, siswa yang memperoleh ketuntasan belajar berjumlah 32 siswa atau 88%, dan yang belum tuntas berjumlah 4 orang dengan prosentase 12%, dengan daya serap 85,8.. Kesimpulan dari hasil penelitian bahwa dengan menggunakan model Think- Pair-Share, hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS tentang perkembangan teknologi telah tercapai dengan baik. Kata kunci: Hasil belajar siswa, model Think-Pair-Share.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011