Penulis / NIM
KRESNA SESCA KATILI / 151408610
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
Media Gambar Tunggal di Kelas I SDN No. 7 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi,
Program Studi S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Dajani Suleman,
M.Hum, dan Pembimbing II Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui media gambar tunggal
kemampuan berbicara siswa kelas I SDN No. 7 Kota Barat Kota Gorontalo akan
meningkat? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa
kelas I SDN No. 7 Kota Barat Kota Gorontalo yang berjumlah 22 orang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan
menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan
kemampuan berbicara siswa melalui media gambar tunggal di kelas I SDN No. 7
Kota Barat Kota Gorontalo.
Berdasarkan hasil observasi dan pembahasan , dapat diperoleh hasil penilaian pada
siklus I tentang kemampuan berbicara siswa SDN No. 7 Kota Barat Kota Gorontalo
belum menunjukkan hasil yang sesuai dengan standar kriteria keberhasilan. Sebab
dari 22 siswa yang dikenai tindakan, diperoleh hasil pengamatan, yaitu hanya 13
orang (59%) yang memiliki kemampuan berbicara. Pada siklus II terjadi peningkatan
jumlah siswa yang sudah memiliki kemampuan berbicara, yaitu menjadi 18 0rang
(82%). Berdasarkan hasil ini, maka indikator kinerja yang telah dirumuskan dalam
penelitian ini, yaitu meningkatnya jumlah siswa yang mampu berbicara melalui
media gambar tunggal pada siswa kelas I SDN No. 7 Kota Barat Kota Gorontalo
yaitu 75%, telah tercapai.
Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas I SDN No. 7 Kota Barat Kota Gorontalo dalam
hal kemampuan berbicara, dapat ditingkatkan melalui media gambar tunggal.
Kata Kunci : Berbicara, Media Gambar Tunggal.
Download berkas