Penulis / NIM
NURJANA DATAU / 151408613
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK
Nurjana Datau, 2012.“Meningkatkan Kemampuan Mengalikan Pecahan Biasa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas V SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo”. Skripsi Program Strata 1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing 1, Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd Pembimbing II, Dra. Martianty Nalole, M.Pd.
Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah “Apakah Kemampuan Mengalikan Pecahan Biasa Pada Siswa Kelas V SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan mengalikan pecahan biasa pada siswa kelas V SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Subyek penelitian adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 23 yang terdiri dari 12 orang laki-laki 11 orang perempuan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang di laksanakan dalam 2 siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengalikan pecahan biasa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas V SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat ditingkatkan. Pada siklus I terdapat
73,9% atau 17 siswa yang mampu mengalikan pecahan biasa atau mendapat nilai 65 ke atas, dan 26,1% atau 6 siswa yang belum mampu mengalikan pecahan biasa. Pada siklus II menjadi 95,6 % atau 22 siswa mampu mengalikan pecahan biasa dan 4,4% atau 1 siswa yang belum mampu mengalikan pecahan biasa.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match kemampuan mengalikan pecahan biasa pada siswa kelas V SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Kemampuan, Mengalikan, Pecahan Biasa, Make a match.
Download berkas