SKRIPSI

Penulis / NIM
FINGKA MOHU / 151408614
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
FINGKA MOHU, NIM 151 408 614. 2012. Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Melalui Model STAD di Kelas V SDN No. 41 Hulonthalangi, Kecamatan Hulonthalangi, Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra. Elmia Umar, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah pemahaman siswa dalam Materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan indonesia melalui model STAD pada pembelajaran IPS di kelas V SDN No. 41 Hulonthalangi Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo dapat ditingkatkan?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia di Kelas V SDN 41 Hulonthalangi Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo dengan mengunakan model koperatif tipe STAD. Metode penelitian ini menggunakan model Kooperatif Tipe STAD, subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN No. 41 Hulonthalangi Kecamatan Hulonthlangi Kota Gorontalo dengan jumlah siswa 25 orang. Sedangkan tehnik pengumpulan data diperoleh dari pemberian evaluasi belajar berupa kuantitatif dan akan dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dan pembahasan maka dapat diperoleh hasil Sesuai pemahaman evaluasi dan analisis daya serap pada pelaksanaan tindakan Siklus I daya serap siswa hanya mencapai 63,2% dari 25 siswa yang diberitindakan. Pada Siklus II daya serap telah mencapai 87,6% dari 25 siswa. Dari refleksi yang dilakukan dapat disimpulkan penggunaan model STAD dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan pemahaman siswa. Hal ini terbukti dari kegiatan pembelajaran pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 13% dari observasi awal. Dengan demikian hipotesis dapat di terima. Kata kunci : Pemahaman Siswa, Model STAD, Pembelajran IPS
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011