Penulis / NIM
TAUFIK MASENGGE / 151408615
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Taufik Masengge. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-sifat Benda Melalui Metode Eksperimen Di Kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Drs. Djotin Mokoginta M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat benda di kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango?. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sifat-sifat benda di kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yakni Penelitian Tindakan Kelas. Hipotesis penelitian "jika guru menggunakan metode eksperimen, maka hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango akan meningkat". Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen maka hasil belajar siswa tentang materi sifat-sifat benda di kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango meningkat. Adapun hasil yang diperoleh yaitu pada siklus I Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan kriteria minimum pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan sekolah yakni 80 sebanyak 3 siswa dengan presentase 13,63%. Sedangkan pada siklus II, Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan sebanyak 20 siswa dengan presentase 90,9%. Berdasarkan data hasil tersebut maka jelas bahwa hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat benda di kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan.
Kata kunci : hasil belajar, sifat-sifat benda, metode eksperimen
Download berkas