Penulis / NIM
NURHAYATI LAHAY / 151409007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Nurhayati. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd sebagai Dosen Pembimbing I, dan Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd sebagai Pembimbing II.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam pada siswa kelas IV SDN 2 Tapa?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match di kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah “Jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam proses pembelajaran khususnya materi sumber daya alam di kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango maka hasil belajar siswa akan meningkat”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini ditujukan oleh hasil belajar siswa pada tindakan siklus 1 dan siklus 2 yang mengalami peningkatan sebagaimana indikator kinerja yang ditetapkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi sumber daya alam di kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara efektif.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Make a Match
Download berkas