Penulis / NIM
MELYSA BANJELE / 151409010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Melysa Banjele. 2015. Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Muhammadiyah 3 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim S.Pd, M.Si dan pembimbing II Meylan Saleh S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Bagaimanakah Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Muhammadiyah 3 Limboto Kabupaten Gorontalo ?". Tujuan Penelitian ini adalah Mendeskripsikan Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Muhammadiyah 3 Limboto Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang menjadi subyek penelitian adalah Guru wali kelas IV SD Muhammadiyah 3 Limboto Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa Guru kelas IV SD Muhammadiyah 3 Limboto dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode demonstrasi dari 16 aspek yang diamati yang nampak hanya 8 aspek langkah-langkah metode demonstrasi yang dilaksanakan. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Muhammadiyah 3 Limboto Kabupaten Gorontalo tergolong kurang baik, karena guru kelas IV dalam menerapkan metode demonstrasi tidak sesuai dengan langkah-langkah demonstrasi dan tidak pula memiliki pedoman model-model pembelajaran terutama buku pedoman metode demonstrasi. Sehingga pada saat pembelajaran, guru kelas IV dalam menggunakan metode demonstrasi hanya sesuai dengan caranya sendiri tanpa menggunakan buku pedoman metode demonstrasi.
Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Pembelajaran IPA
Download berkas