Penulis / NIM
SUMAJI / 151409012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Sumaji, 2013. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Alternatif Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Example Non-Example di Kelas IV SDN 3 Bulango Timur”. Skripsi, Jurusan SI PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (I) Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd (II) Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe example non-example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi alternatif di kelas IV SDN 3 Bulango Timur ?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang energi alternatif melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe example non-example di kelas IV SDN 3 Bulango Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 20 siswa di kelas IV SDN 3 Bulango Timur tahun 2013.
Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa tentang energi alternatif di kelas IV SDN 3 Bulango Timur dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe example non-example. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis ditunjukkan dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar dari siklus I siswa yang memperoleh ketuntasan belajar ada 12 siswa atau 60% dan siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan belajar ada 17 siswa atau 85%. Dari pembelajaran ini dapat disimpulkan bahwa, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe example non-example hasil belajar siswa tentang energi alternatif di kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango mengalami peningkatan.
Kata Kunci : Hasil belajar siswa, energi alternatif, example non-example, SDN 3 Bulango Timur.
Download berkas