Penulis / NIM
CINDRAWATY MUSA / 151409013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
CINDRAWATY MUSA. 2013. Peranan Guru Dalam Memanfaatkan KIT IPA Di SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II. Irvin Novita Arifin, S.Pd,M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Peranan Guru dalam Memanfaatkan KIT IPA di SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan guru dalam memanfaatkan KIT IPA di SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Lokasi penelitian adalah SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Variabel Penelitian adalah: (1) Peranan Guru sebagai Demonstrator, (2) Peranan Guru sebagai Pengelola Kelas, (3) Peranan Guru sebagai Mediator dan Fasilitator, (4) Peranan guru sebagai Evaluator.Dari hasil presentase menunjukkan bahwa Indikator Peran Guru sebagai Demonstrator memperoleh 94 % dari jumlah sampel yang diteliti. Indikator Guru sebagai Pengelola Kelas memperoleh 94 %, sedangkan Indikator Guru sebagai Mediator dan Fasilitator memperoleh 100 %, dan untuk Indikator Guru sebagai Evaluator sebanyak 95 %. Hasil presentase ini menyatakan bahwa peranan guru dalam memanfaatkan KIT IPA di SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango sudah baik dan maksimal. Dengan hasil presentase tersebut dapat disimpulkan bahwa Peranan Guru dalam Memanfaatkan KIT IPA sebesar rata-rata 96 %. Hal ini berarti bahwa 96 % guru di SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango sudah mampu memanfaatkan KIT IPA dalam proses pembelajaran IPA.
Kata Kunci : Peranan Guru, Alat Peraga KIT IPA
Download berkas