Penulis / NIM
MUNCO LABOLO / 151409014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
Munco Labolo. 2013. “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo”. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Hi. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si.
Rumusan masalah yaitu (1) faktor-faktor apa yang mempengaruhi hasil belajar siswa (2) bagaimana upaya mengatasi penyebab hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi hasil belajar siswa(2) untuk mengetahui upaya mengatasi penyebab hasil belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor dalam diri siswa antara lain kondisi fisik siswa itu sendiri, kecerdasan, minat, motivasi dan kemampuan siswa. sedangkan faktor dari luar diri siswa antara lain lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah yang meliputi, guru dan fasilitas sekolah.
Kata kunci : Hasil belajar, siswa, IPS
Download berkas