Penulis / NIM
BAYU SEGARA / 151409020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Bayu Segara. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Daur Air Melalui Metode Eksperimen di Kelas V SDN 6 Bulango Selatan. Skripsi, Program Studi S1-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi daur air di kelas V SDN 6 bulango selatan? dengan tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode eksperimen pada materi daur air dikelas V SDN 6 Bulango Selatan. Selanjutnya jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 20 siswa kelas V SDN 6 Bulango Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah “Hasil belajar siswa pada materi daur air di kelas V SDN 6 Bulango Selatan dapat ditingkatkan melalui metode eksperimen”. Selanjutnya hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I. Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan kriteria minimum pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan sekolah yakni 80 sebanyak 12 siswa dengan presentase 60%. Sedangkan pada siklus II, Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan sebanyak 18 siswa dengan presentase 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ini menunjukan penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi daur air.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Daur Air, Metode Eksperimen.
Download berkas