SKRIPSI

Penulis / NIM
NANGSI S. BAKARI / 151409022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak

ABSTRAKNangsi S. Bakari, 2014. Deskripsi Tentang Pendekatan Mastery Learning (Belajar tuntas) pada Pembelajaran Matematika di SDN 9 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar RivaI,S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah deskripsi pendekatan Mastery Learning (belajar tuntas) pada pembelajaran matematika di SDN 9 Kota Barat Kota Gorontalo? Sedangkan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi pendekatan Mastery Learning (belajar tuntas) pada pembelajaran matematika di SDN 9 Kota Barat Kota Gorontalo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan wawancara dan studi dokumentasi, hasil penelitian ini adalah diketahui bahwa dengan pendekatan Mastery Learning (belajar tuntas) pada pembelajaran matematika, ketuntasan siswa di SDN 9 Kota Barat Kota Gorontalo yaitu 128 orang siswa atau 92,09% siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimal dan 11 orang siswa atau 7,91% siswa yang memperoleh nilai kurang dari Kriteria Ketuntasan Minimal. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pendekatan Mastery Learning (belajar tuntas) pada pembelajaran matematika di SDN 9 Kota Barat Kota Gorontalo telah dilaksanakan sesuai dengan strategi pembelajarannya yaitu dengan melaksanakan tes diagnosa kemajuan belajar (Diagnostic Progress Test) yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemajuan siswa dalam penguasaan materi, melaksanakan program pengayaan bagi siswa yang menguasai materi secara tuntas dan melaksanakan program remedial bagi siswa yang tidak menguasai materi secara tuntas. Sehingga guru mengetahui tingkat kemajuan belajar siswa dan siswa menguasai materi yang diajarkan guru secara tuntas berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)Kata Kunci: Mastery Learning, Pembelajaran, Matematika

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011