SKRIPSI

Penulis / NIM
INDRIYATI HEMETO / 151409026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK Indriyati Hemeto. 2013. “Meningkatkan Hasil Beajar Siswa Pada Materi Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 21 Bong omeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas ILmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Drs. Djotin Mokoginta M.Pd dan Pembimbing II. Irvin Novita Arifin S,Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pengaruh Gaya Terhadap Gerak Benda Di Kelas IV SDN 21 Bongomeme Dapat Ditingkatkan Dengan Menggunakan Metode Demostrasi?”. Tujuan penelitian adalah Untuk Meningkatkan hasil belajar Siswa pada materi pengaruh gaya terhadap gerak benda melalui metode demonstrasi di kelas IV SDN 21 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Goronta lo. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.penelitian tindakan kelas ini dimaksudkan untuk meningkatakan Hasil belajar siswa pada materi pengaruh gaya terhadap gerak benda melalui metode demonstrasi di kelas IV SDN 21. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 36 orang yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Hipotesis tindakan yakni ‘jika menggunakan metode demonstrasi maka hasil belajar siswa pada materi pengaruh gaya terhadap gerak benda di kelas IV SDN 21 Bongomeme akan meningkat’. Dari hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I diperoleh data, Dari jumlah siswa 36 orang yang dikenai tindakan hanya 20 orang siswa (55.6%) yang memperoleh nilai minimal 70, 16 orang siswa (44.4%) yang memperoleh nilai 70 ke bawah, sedangkan pada siklus II meningkat dimana dari 36 orang siswa yang memperoleh nilai minimal 70 ke atas berjumlah 32 orang (88,9%), 4 orang siswa (11.1%) yang hasil belajarnya masih rendah atau memperoleh nilai 70 ke bawah, daya serap mencapai 81.67%. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi, hasil belajar siswa pada materi pengaruh gaya terhadap gerak benda di kelas IV SDN 12 Bongomeme kecamatan Dungaliyo kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Gaya.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011