Penulis / NIM
SUSANTI OKTAVIANI LESTARI HADI / 151409032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Susanti OL. Hadi. 2014. Penerapan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II. Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah peran guru dalam menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 3 Bulango timurkabupaten bone bolango"?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 3 bulango timur kabupaten bone bolango. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menjadi subyek penelitian adalah Guru wali kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa Guru kelas IV SDN 3 Bulango Timur dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan metode eksperimen dari 16 aspek yang diamati yang nampak hanya 8 aspek langkah-langkah metode demonstrasi yang dilaksanakan. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah peran guru dalam menggunakan metode eksperimen pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bulango belum maksimal, karena Guru Kelas IV dalam menggunakan metode eksperimen belum sesuai dengan langkah-langkah eksperimen dan belum memiliki buku pedoman khusus model pembelajaran terutama buku pedoman metode eksperimen. Sehingga pada saat pembelajaran Guru Kelas V dalam menggunakan metode eksperimen hanya sesuai dengan caranya sendiri tanpa menggunakan buku pedoman metode eksperimen.
Kata Kunci: Metode eksperimen, Pembelajaran IPA
Download berkas