Penulis / NIM
TETRISNAWATI S. KARIM / 151409034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Tetrisnawati.S.Karim. 2013 Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas IV SDN I Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, SI Jurusan Pendidkan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Ilmu Pendidikan Universistas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ibu Dra.Elmia.Umar M,Pd dan Pembimbing II Ibu Nurhayati Tine S.Pdi M.Hi
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran PKN di SDN I Telaga Kabupaten Gorontalo. Sedangkan yang menjadi tujuan dalam Penelitian ini yaitu untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas IV SDN I Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Tehnik pengumpulan data yaitu mengunakan tehnik observasi wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan observasi dari hasil penelitian Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas IV SDN I Telaga Kabupaten Gorontalo, menunjukkan bahwa dari hasil pengamatan melalui wawancara dan dokumentasi diperoleh bahwa penerapan dengan menggunkan model Make A Match sudah sesuai yang diharapkan, walupun masih terdapat beberapa kendala dan solusi pada penerapan model make a match baik itu pada temuan secara umum dan temuan secara khusus. Disimpukan bahwa penerapan model pembelajaran Make a match pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN I Telaga Kabupaten Gorontalo, sangat menarik perhatian siswa serta mampu menciptakan suasan belajar yang aktif dan menyenangkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
Kata Kunci : Penerapan , Model, Make A match.
Download berkas