SKRIPSI

Penulis / NIM
YULANDA BULOTIO / 151409036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK Yulanda Bulotio, 2014. Penggunaan Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas Rendah SDN 30 Kota Gorontalo. Skripsi jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Gorontalo, Pembimbing I, Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II, Irvin Novita Arifin S.Pd, M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode role playing pada mata pelajaran IPA di kelas rendah SDN 30 Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode role playing pada mata pelajaran IPA di kelas rendah SDN 30 Kota Gorontalo. Adapun metode yang digunakan untuk memecahkan masalah adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian yang dilakukan untuk menemukan informasi ilmiah melalui data kualitatif, yang selanjutnya dipaparkan secara deskriptif. Dari hasil penelitian wawancara guru dan siswa diperoleh gambaran dengan tema Lingkungan dengan menggunakan metode role playing pada pembelajaran ipa mulai diajarkan pada kelas rendah (1, 2, 3) awal semester genap. Dari hasil penelitian yang dilakukan menemukan satu kendala yang dialami oleh guru dalam menggunakan metode mengajar role playing khususnya pada mata pelajaran IPA.berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dikemukakan dapat disimpulkan sebagai berikut. Penggunaan metode role playing pada mata pelajaran IPA di kelas rendah SDN 30 Kota Gorontalo dalam pembelajaran diantaranya adalah penggunaan media yang menarik, menciptakan suasana kelas yang tidak membosankan, hal inilah yang mampu membantu guru dalam memotivasi siswa dam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci : metode role playing, mengenal benda-benda langit ABSTRACT Yulanda Bulotio, 2015. Use of Methods Subjects Role Playing On Low Grade Science at SDN 30 Gorontalo. Thesis Department of Primary School Teacher Education Faculty of Education University of Gorontalo Negri , Supervisor I , Meylan Saleh , S. Pd , Pd , and Advisor II , Arifin Novita Irvin S. Pd , Pd The problem in this research is how the use of role playing in science subjects in low grade SDN 30 Gorontalo. The purpose of this study was to determine the use of role playing in science subjects in low grade SDN 30 Gorontalo. The method used to solve the problem is a qualitative research method . Research carried out to find scientific information through qualitative data , which subsequently presented descriptively . From the research, teacher and student interviews to illustrate the theme of the environment by using the method of role playing on learning ipa began to be taught in a low grade ( 1 , 2 , 3 ) the beginning of the second semester . From the results of research conducted to find one constraints experienced by teachers in using teaching methods role playing , especially on the subjects of the research and discussion IPA.berdasarkan proposed can be summarized as follows . The use of role-playing methods in science subjects in low grade SDN 30 Gorontalo in learning including the use of media interest, creating a classroom atmosphere that is not boring , it is able to help teachers motivate students dam improve student learning outcomes in science learning . Keywords: role playing method, familiar celestial objects
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011