Penulis / NIM
NINGSIH GANI / 151409037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Ningsih Gani. 2013. “Menulis Isi Pengumuman Melalui Metode Think Pair Share (Penelitian Tindakan Siswa Kelas IV SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bulango).” Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah “Apakah menulis isi pengumuman dapat ditingkatkan melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share siswa kelas IV SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bulango ?”. Tujuan penelitian ini adalah memecahkan masalah dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis isi pengumuman melalui metode Think Pair Share siswa kelas IV SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bulango.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, analisis dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I kemampuan menulis isi pengumuman sebesar 52%, pada siklus II meningkat menjadi 80%. Dengan demikian, penelitian ini telah mencapai indikator yang diharapkan yaitu minimal 75% siswa dapat menulis isi pengumuman. Dari hasil penelitian ini dapatlah disimpulkan bahwa metode pembelajaran tipe Think Pair Share meningkatkan kemampuan siswa menulis isi pengumuman di kelas IV SDN 6 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango.
Kata kunci : Menulis Isi Pengumuman dan Metode Think Pair Share.
Download berkas