Penulis / NIM
HILDA LUNETO / 151409041
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
Hilda Luneto. 2013. Meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi berdasarkan gambar melalui pendekatan kontekstual di Kelas III SDN 2 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi berdasarkan gambar di kelas III SDN 2 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi berdasarkan gambar melalui pendekatan kontekstual di kelas III SDN 2 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika guru menggunakan pendekatan kontekstual, maka kemampuan menulis puisi berdasarkan gambar akan meningkat bagi siswa di kelas III SDN 2 Tapa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa menulis puisi berdasarkan gambar sesuai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi berdasarkan gambar di kelas III SDN 2 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Kemampuan , Menulis Puisi, Pendekatan Kontekstual
Download berkas