Penulis / NIM
MEIKE U. HARUN / 151409042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Meyke Harun Nim 151 409 042, 2015. Penerapan Teknik Pengamatan Obyek Dalam Menulis Puisi Sederhana Pada Siswa Kelas V SDN 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan teknik pengamatan obyek dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi sederhana di kelas V SDN 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik pengamatan obyek dalam menulis puisi sederhana di kelas V SDN 1 Kabila. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dan pengumpulan data yang digunakan adalah melalui prosedur angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Teknik Pengamatan Obyek dalam menulis puisi sederhana itu sudah terbilang baik yakni dibuktikan dengan persentase 81,23%, yang dikembangkan melalui 2 indikator, yaitu indikator penerapan teknik pengamatan obyek masuk pada klasifikasi baik dengan persentase 86,58% dan indikator menulis puisi dengan menggunakan tema, pilihan kata, rima dan gaya bahasa masuk pada klasifikasi cukup dengan persentase 75,88%. Dari hasil analisis data yang diperoleh melalui angket yang diberikan kepada siswa kelas V dan diperkuat oleh hasil wawancara dengan guru, dan hasil pengamatan/observasi jelas telah nampak bahwa penerapan teknik pengamatan obyek dalam menulis puisi di kelas V SDN 1 Kabila telah dilaksanakan/diterapkan.
Kata kunci : Teknik Pengamatan Obyek, Menulis Puisi.
Download berkas