Penulis / NIM
AYU ARIYANTI IBRAHIM / 151409043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Ayu Ariyanti Ibrahim. 2015. "Deskripsi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA di Kelas 1 SDN 25 Dungingi Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo". Skripsi, yang dibimbing oleh Ibu Meylan Saleh S.Pd, M.Pd dan Ibu Irvin Novita Arifin S.Pd, M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan S1 Pendidikan Guru Sekola Dasar, Universitas Negeri Gorontalo.
Untuk mengetahui Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar dalam pembelajaran IPA. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan penelitian pada kondisi yang alamiah, dengan teknik pengumpulan data dari informasi-informasi yang diperoleh dari hasil wawancara.
Berdasarkan metode pengolahan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa "Adanya Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA di Kelas 1". Adapun faktor-faktor tersebut yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yaitu faktor yang berada dalam diri siswa seperti faktor biologis, psikologis dan faktor kelelahan. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor yang berada diluar diri siswa seperti faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat. Sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar anak, dimana hasil belajar siswa kelas 1 pada mata pelajaran IPA masih kurang dari nilai standar KKM. Namun dengan adanya pengajaran yg baik dengan menganalisis adanya faktor-faktor yg mempengaruhi, pengajar mampu meningkatkan prestasi hasil belajar siswa tersebut.
Kata Kunci : Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA
Download berkas