Penulis / NIM
OLVIRA MOKODOMPIT / 151409047
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Olvira Mokodompit. 2013. Peranan Media Congklak dalam Menanamkan Konsep Perkalian Bilangan Asli. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Martianty Nalole, M.Pd, Pembimbing 2 Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana peranan media congklak dalam menanamkan konsep perkalian bilangan asli di SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peranan media congklak dalam menanamkan konsep perkalian bilangan asli di SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan media congklak dalam menanamkan konsep perkalian bilangan asli di SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango dapat menstimulasi potensi siswa dalam hal ini melatih kemampuan menganalisa konsep perkalian bilangan asli, melatih kemampuan motorik halus, melatih ketelitian, melatih jiwa yang sportivitas dan menjalin kontak sosial siswa.
Dengan demikian disimpulkan bahwa peranan media congklak dalam menanamkan konsep perkalian bilangan asli di SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango dapat menstimulasi potensi siswa.
Kata Kunci: Media Congklak, Perkalian, Bilangan Asli
Download berkas