Penulis / NIM
SITI NUR RAHMA GUSU / 151409048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Siti Nur Rahma Gusu. 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam melalui metode inkuiri di kelas V SDN 01 Telaga Kabupaten Gorontalo. Program Studi SI-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. pembimbing I Prof Dr. H. Abdul HAris PanaI, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Meylan SAleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah apakah penggunaan metode inkuiri dalam pembelajaran materi peristiwa alam dapat meningkatkan hasik belajar siswa kelas V SDN 01 Telaga Kabupaten Gorontalo? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam dikelas V SDN 01 Telaga Kabupaten Gorontalo melalui metode inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 20 siswa kelas V. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah jika dalam pembelajaran materi peristiwa alam digunakan metode inkuiri maka hasil belajar siswa di kelas V SDN 01 Telaga Kabupaten Gorontalo akan meningkat. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan sekolah yakni 70 sebanyak 11 siswa dengan persentase 55%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 17 siswa dengan persentase 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri dapat menigkatkan hasil belajar siswa pada materi peristiwa alam di kelas V SDN 01 Telaga Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci : Hasil Belajar, Peristiwa Alam, Metode Inkuiri.
Download berkas