Penulis / NIM
RINDIWATI MOKOAGOW / 151409050
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstrak
ABSTRAK
Rindiwati Mokoagow 2017. Penerapan Pendekatan Learning By Doing Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi Di Kelas IV SDN 15 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Drs. Haris Mahmud,S.Pd, M.Si dan Pembibing II, Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd
Masalah dalam penelitian ini dirumuskan bagaimanakah Penerapan Pendekatan Learning By Doing Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi Di Kelas IV SDN 15 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Pendekatan Learning By Doing Pada Pembelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi Di Kelas IV SDN 15 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif.
Berdasarkan Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pendekatan learning by doing dalam pembelajaran IPS pada materi kegiatan ekonomi di kelas IV SDN 5 Limboto Barat Kecamatan Limboto Kabuapaten Gorontalo yang tepat mencapai 54% atau 14 orang siswa dan yang kurang tepat 27% atau 7 orang siswa dan yang tidak tepat 19%atau 5 orang siswa dari 26 jumlah siswa secara keseluruhan. Dengan demikian Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran di kelas IV sangat baik diterapkan menggunakan pendekatan learning by doing pada pembelajaran IPS.
Kata Kunci : Pendekatan Learning By Doing, IPS.
Download berkas