Penulis / NIM
RENAL CRISTIA YUSUF / 151409051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Renal Cristia Yusuf. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penyebab Perubahan Lingkungan Fisik Melalui Metode Demonstrasi di Kelas IV SDN 4 Bone Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah hasil belajar siswa pada materi penyebab perubahan lingkungan fisik dapat meningkat melalui metode demonstrasi di kelas IV SDN 4 Bone Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango”?. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui apakah hasil belajar siswa pada materi penyebab perubahan lingkungan fisik dapat meningkat melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SDN 4 Bone Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Hasil tindakan siklus I dengan menerapkan metode demonstrasi siswa yang sudah mampu atau yang tuntas mencapai 26,3% atau sekitar 5 orang siswa, dan yang belum tuntas sebanyak 14 orang siswa atau 73,7%. Selanjutnya pada tindakan siklus II untuk kategori tuntas meningkat menjadi 68,4% atau 13 orang siswa dan yang belum tuntas sekitar 6 orang siswa atau 31,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi penyebab perubahan limgkungan fisik dapat meningkat melalui matode demonstrasi.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Demonstrasi
Download berkas