Penulis / NIM
NURSANTI SUNGE / 151409054
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
Nursanti Sunge,2013, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Materi Perkembangan Teknologi Komunikasi Pada Mata Pelajaran IPS dengan Model Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SDN 2 Telaga. Program Studi SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan melalui model pembelajaran tipe STAD hasil belajar siswa di kelas IV SDN 2 Telaga akan meningkat ?
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi komunikasi dengan model kooperatif Tipe STAD.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian pada siklus I untuk hasil belajar siswa dengan perolehan nilai minimal 75 nampak hanya 10 orang siswa atau 47,61 % . sedangkan untuk tindakan siklus II, hasil belajar siswa telah meningkat hingga mencapai 85 % atau 18 orang dari siswa dari hasil sebelumnya.
Dari hasil penelitian tindakan yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD maka hasil belajar siswa di kelas IV SDN 2 Telaga akan meningkat.
Kata Kunci : Hasil Belajar dan Model STAD
Download berkas