Penulis / NIM
DESYLIA AKUNTA MAUDA / 151409058
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Desylia A.Mauda. 2013. Skripsi. Menulis puisi naratif melalui media gambar di kelas V SDN 4 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Program Studi SI PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Gorontalo, Pembimbing 1 Dra. Hj Salma Halidu S.Pd M.Pd Dan Pembimbing 11 Hj. Sumarni Mohammad S.Pd M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakahmedia gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi naratif di kelas V SDN 4 Tibawa Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan menulis puisi naratif melalui media gambar di SDN 4 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini mengunakan metode penelitian tindakan kelas. Metode ini adalah memberikan gambaran tentang menulis puisi naratif di kelas V SDN 4 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Dari hasil siklus 1 yang ditemui dari jumlah 21 orang siswa kelasV terdapat 15 orang siswa atau yang mampu dari aspek amanat. Kemudian pada diksi terdapat 15 orang siswa atau yang mampu, Nilai estetika hanya terdapat 13 orang siswa atau yang mampu. Untuk segi kesesuian isi dan gambar 13 orang siswa atau Untuk itu temuan pada siklus 1 ini menunjukan bahwa keterampilan menulis puisi naratif belum sesuia yang di harapkan. Pada siklus 2, pada siswa kelas V SDN 4 Tibawa Kabupaten Gorontalo sudah memenuhi harapan. Dari jumlah 21 orang siswa terdapat 20 orang siswa atau yang mampu dari segi amanat, kemudia pada aspek diksi terdapat 20 atau yang mampu dari aspek nilai estetika, sedangkan pada kesesuian isi dan gambar terdapat 21 orang siswa atau. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa menulis puisi naratif melalui media gambar mengalami peningkatan.
KATA KUNCI: Menulis puisi naratif media gambar
Download berkas