Penulis / NIM
CINDRA NIRWATI JAFAR / 151409060
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Abstrak
ABSTRAK
Cindra Nirwati Jafar. 2013. “Implementasi Pendekatan Kontekstual Dalam Menulis Puisi di Kelas V SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango”. Skipsi. Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II. Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “ Bagaimana Implementasi Pendekatan Kontekstual Dalam Menulis Puisi di Kelas V SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Boene Bolango?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan pendekatan kontekstual dalam menulis puisi di Kelas V SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, yang menjadi informan adalah guru wali kelas dan siswa kelas v yang berjumlah 27 orang siswa terdiri dari laki-laki 11 orang siswa dan perempuan 16 orang siswa.
Hasil penelitian dari 27 orang siswa kelas V yang dikatakan mampu menulis puisi terdapat 20 orang siswa dan yang kurang mampu menulis puisi terdapat 7 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan kontekstual, maka kemampuan siswa menulis puisi dapat ditingkatkan.
Kata Kunci : Pendekatan Kontekstual, Menulis Puisi
Download berkas