Penulis / NIM
OLIS GOBEL / 151409062
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Olis Gobel. 2013. Penerapan Model Think Pair Share Melalui Peningkatan Menulis Isi Cerita Pada Siswa Kelas V SDN 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Univeristas Negeri Gorontalo. Pembim I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Jusuf Jafar, M.Pd
Masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah dengan menerapapkan model Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan menulis isi cerita?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas V dalam menulis isi cerita dengan menerapkan model Think Pair Share.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui dua siklus, sifat penelitian kualitatif analisis proses, dan kuantitaf analisis hasil, dengan jumlah siswa 22 0rang
Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 50%. Namun hasil belajar tersebut belum mencapai indikator capaian yakni 77%. Maka dilanjutkan pada tindakan siklus II. Pada pelaksanaan tindakan siklus II diperoleh hasil belajar siswa sebesar 73% atau terjadi peningkatan sebesar 23% dari hasil pelaksanaan tindakan siklus I. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Think Pair Share, kemampuan menulis isi cerita pada siswa kelas V SDN 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango meningkat.
Kata Kunci : Menulis Isi Cerita, Model Think Pair Share
Download berkas