Penulis / NIM
HASMIN BAKARI / 151409063
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Hasmin Bakari. 2013. Peranan Media Himpunan Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengurangkan Bilangan Cacah Pada Siswa Kelas I SDN 2 Suwawa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peranan media himpunan dalam meningkatkan kemampuan mengurang bilangan cacah pada siswa kelas I SDN 2 Suwawa? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengehaui peranan media himpunan dalam meningkatkan kemampuan mengurang bilangan cacah pada siswa kelas I SDN 2 Suwawa.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas I SDN 2 Suwawa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas I. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa wawancara observasi serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan media himpunan dalam mengurang bilangan cacah pada siswa kelas I SDN 2 Suwawa sebagai berikut: 1) Menambah kemampuan siswa dalam mempelajari pengurangan bilangan cacah. 2) Membantu siswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan pengurangan bilangan cacah melalui kumpulan bilangan-bilangan bulat. 3) Menjadikan siswa lebih kreatif dalam mengurangkan bilangan cacah dengan media himpunan 4) Memberikan alasan yang sewajarnya untuk belajar dengan membangkitkan minat, motivasi mengerjakan tugas dengan sendiri dan turut serta dalam keaktifan-keaktifan di kelas.
Dari hasil penelitiani dan pembahasan disimpulkan bahwa media himpunan sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas I SDN 2 Suwawa dalam mengurangkan bilangan cacah.
Kata Kunci : Media Himpunan, Kemampuan, Mengurangkan, Bilangan Cacah
Download berkas