Penulis / NIM
YUGISTIRA HUMOKOR / 151409065
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Yugistira Humokor 2013. Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA di SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode demontrasi dalam pembelajaran IPA di SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango?. Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk memberikan gambaran tentang penerapan metode demontrasi pada mata pelajaran IPA di SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Berdasarkan hasil analisis deskripsi dari 3 indikator yakni; (1) mengajarkan suatu proses atau prosedur yang harus dimilki peserta didik atau dikuasai peserta didik, (2) mengkonkritkan informasi atau penjelasan kepada peserta didik, dan (3) mengembangkan kemampuan pengamatan pendengaran dan penglihatan para peserta didik secara bersama, dari penerapan metode demontrasi pada pembelajaran IPA, maka rekapitulasi setiap indikator dapat dijelaskan bahwa mengajarkan suatu proses atau prosedur yang harus dimilki peserta didik atau dikuasai peserta didik masuk pada kualifikasi cukup baik atau 70.89%, mengkonkritkan informasi atau penjelasan kepada peserta didik masuk pada kualifikasi cukup baik atau 70.44%, dan mengembangkan kemampuan pengamatan pendengaran dan penglihatan para peserta didik secara bersama masuk pada kualifikasi cukup baik atau 67.56%. Sehingga rekapitulasi pendapat responden tentang penerapan metode demontrasi pada pembelajaran IPA masuk pada kualifikasi cukup baik atau 69.63%.
Kata Kunci : Kunci: Metode Demonstrasi, Mata Pelajaran IPA
Download berkas