Penulis / NIM
SISKAWATY DJIBU / 151409067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra PERTIWI LABORO, M.Pd / 0011125404
Abstrak
ABSTRAK
Siskawaty Djibu. 2013. Kemampuan Siswa Menulis Karangan Menggunakan Pendekatan Kontekstual Di Kelas IV SDN 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Hj. Pertiwi Laboro, M.Pd
Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa dalam menulis karangan menggunakan pendekatan kontekstual di kelas IV SDN 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran terhadap kemampuan siswa menulis karangan menggunakan pendekatan kontekstual di kelas IV SDN 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Jenis metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa dari 23 siswa, terdapat 11 siswa (47,82%) yang memperoleh kriteria mampu, 6 siswa (26,08%) yang memperoleh kriteria kurang mampu, dan 6 siswa (26,08%) yang memperoleh kriteria tidak mampu. Dengan demikian disimpulkan bahwa kemampuan siswa menulis karangan menggunakan pendekatan kontekstual di kelas IV SDN 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango dikatakan sudah mampu.
Kata Kunci: Menulis Karangan, Pendekatan Kontekstual
Download berkas