Penulis / NIM
DESY ALULU / 151409070
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
DesyAlulu,2013 Skripsi “PenerapanMetode Problem Solving Pada Pembelajaran Matematika Di SDN 3 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango”., Pendidikan Guru Sekolah Dasar fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si, Dosen Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Pandangan guru terhadap Penerapan Metode Problem Solving Pada Pembelajaran Matematika dan Bagaimanakah Penerapan Metode Problem Solving Pada Pembelajaran Matematika Di SDN 3 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango?Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan Pandangan Guru Terhadap Penerapan Metode Problem Solving dan Penerapan Metode Problem Solving Pada Pembelajaran Matematika di SDN 3 Tapa Kecamatan Tapa Kabupten Bone Bolango”.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Metode ini digunakan dengan maksud untuk memberikan gambaran/deskripsi tentang pandangan guru terhadap penerapan metode problem solving dan penerapan metode probem solving pada pembelajaran matematika di SDN 3 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango
Hasil penelitian yang dapat disajikan sebagai berikut :pandangan guru terhadap penerapan metode problem solving, Berdasarkan hasil wawancara dengan guru menunjukan tanggapan yang positif terhadap proses pembelajaran. Dalam penerapan metode problem solving ini guru harus menyiapkan alat dan bahan yang akan digunakan pada pembelajaran dan harus matang dalam merencanakan alokasi waktu.
Simpulan sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti “Pandangan guru dalam menerapkan metode problem solving menunjukan tanggapan yang positif terhadap proses pembelajaran”. Dalam penerapan metode problem solvingguru harus menyiapkan alat dan bahan yang akan diguanakan pada saat pembelajaran dan merencanakan dengan baik tentang penggunaan waktu, karena metode problem solving memerlukan waktu yang lebih dibandingkan dengan metode ceramah, tanya jawab, penugasan dan sebagainya..
Kata kunci : Penerapan, Metode Problem Solving
Download berkas