Penulis / NIM
SYAHRIL DJANO / 151409076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Syahril Djano. 2014. Meningkatkan Kemampua Siswa Pada Materi Gerak Tari Melalui Metode Demonstrasi di Kelas V SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar . Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd.,M.Si. dan pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd.,M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: Apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa pada materi tarian nelayan daerah di kelas V SDN 3 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN Negeri 3 Tilong Kabila Kabupaten Bone Bolango pada materi tarian nelayan dearah melalui metode demonstrasi. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan kelas siklus I nampak bahwa dari 24 siswa kelas V SDN 3 Tilongkabila terdapat 13 siswa (54%) yang mampu melakukan tarian nelayan, terdapat 10 siswa (42%) yang kurang mampu melakukan gerakan tarian nelayan dan masih terdapat 1 siswa (4%) yang belum mampu melakukan gerakan tarian nelayan. Pada tindakan kelas siklus II nampak bahwa dari 24 siswa kelas V SDN 3 Tilongkabila terdapat 22 siswa (92%) yang mampu melakukan tarian nelayan dan masih terdapat 2 siswa (8%) yang kurang mampu melakukan gerakan tarian nelayan
Kesimpulan dari penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa pada materi gerak tari melalui metode demonstrasi di kelas V SDN 3 Tilongkabila.
Kata Kunci: Kemampuan Gerak Tari, Metode Demonstrasi
Download berkas