Penulis / NIM
HARNIDAR / 151409077
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Harnidar. 2013, Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyalin Puisi Dengan Huruf Tegak Bersambung Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe Round Table Di Kelas I SDN 8 Telaga Kabupaten Gorontalo.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd.,M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui model pembelajaran kooperatif tipe Round Table dapat meningkatkan kemampuan menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung di kelas I SDN 8 Telaga Kabupaten Gorontalo?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung melalui model pembelajaran kooperatif tipe round table di kelas I SDN 8 Telaga Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus di kelas I SDN 8 Telaga Kabupaten Gorontalo . Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Pada pelaksanaan tindakan kelas siklus I siswa yang mendapatkan nilai tuntas berjumlah 13 orang (67.95%), sedangkan yang mendapatkan nilai belum tuntas masih berjumlah 8 orang (32.05%). Setelah dilaksanakan tindakan kelas siklus II jumlah siswa yang mendapatkan nilai tuntas berjumlah 18 orang (77.90%) sedangkan yang belum tuntas berjumlah 3 orang (22.1%). Kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe round table tentang menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung pada siswa kelas I SDN 8 Telaga Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Menyalin Puisi, Huruf Tegak Bersambung, Cooperative Tipe Round Table.
Download berkas