Penulis / NIM
WINDASARI USMAN / 151409079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
Windasari Usman 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV di SDN 17 Limboto Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Hi. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Dra.Hj. Hakop Walangadi, M.Si
Permasalahan dalam penelitian ini adalah ".Bagaimana kemampuan guru dalam menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran IPS di Kelas IV ?, dan Bagaimana kemampuan siswa dalam menerima model pembelajaran Kooperatif tipe STAD ?". Adapun Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang kemampuan guru dalam Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Pembelajaran IPS di Kelas IV, dan untuk mendapatkan gambaran tentang kemampuan siswa dalam menerima model pembelajaran Kooperatif tipe STAD.
Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif. Berdasarkan kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa, Kemampuan Guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 17 Limboto Kabupaten Gorontalo sudah berjalan dengan baik, guru sudah mampu menguasai kelas dan siswa senang dengan adanya penerapan model pembelajaran ini. Dalam penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa sudah menerima dengan baik, mereka telah bekerja sama dalam kelompoknya, saling berbagi tugas, saling membantu dan memberikan semangat dalam mengerjakan tugas.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Pembelajaran IPS
Download berkas