SKRIPSI

Penulis / NIM
ALVIYANTI BOTUTIHE / 151409080
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK Alviyanti. Botutihe. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dengan Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, MA. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas VI SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo?, Apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo?, Bagaimana upaya untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo? Dengan tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo, untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dan siswa dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo, dan untuk mengetahui upaya dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif melalui observasi dan wawancara berupa kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN I Telaga Kabupaten Gorontalo yaitu faktor internal meliputi faktor jasmaniah yakni kondisi siswa yang sakit, faktor psikologis yaitu sikap negatif siswa, seperti tidak aktif dalam pembelajaran berlangsung, di dalam kelas hanya diam mendengarkan penjelasan guru atau berperan sebagai pengikut saja, kadang saat belajar hanya bermain karena siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang dilakukan guru, jika ada yang tidak mengerti tidak mau memberikan pertanyaan karena takut, serta faktor kelelahan yaitu siswa merasa lelah, berkeringat, dan gerah. Kemudian faktor eksternal, meliputi, metode mengajar yang kurang relevan dengan pembelajaran PKn, hubungan guru dan siswa yang tidak terjalin dengan baik, alat pengajaran yang tidak efektif, keadaan gedung yang kurang baik, dan tugas yang terlalu banyak. Selain itu, faktor keluarga yakni keadaan ekonomi yang kurang mampu sehingga kurang terpenuhinya kebutuhan fasilitas belajar siswa. Kata Kunci: Guru, Siswa, Motivasi Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011