Penulis / NIM
FENI AMALI / 151409083
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
ABSTRAK
Feni Amali. Nim 151409083. “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Minat Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS Di Kelas V SDN IV Telaga Kabupaten Gorontalo”. Skripsi 2013. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Hj. Hakop Walanggadi, S.Pd, M.Si, dan Pembimbing II Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si.
Adapun yang menjadi rumusan masalah adalah Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 4 Telaga Kab. Gorontalo?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 4 Telaga Kab. Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Deskriptif-Kualitatif. Penelitian deskriptif ini dilakukan melalui wawancara dan kuisioner. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu penelitian yang mengungkapkan situasi sosial tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar, dibentuk oleh kata-kata berdasarkan tehnik pengumpulan dan analisis data yang relevan yang diperoleh dari situasi yang alamiah.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 4 Telaga di antaranya yaitu faktor intern (dalam diri siswa) yang meliputi kondisi siswa, kemampuan intelektual, motivasi, kebiasaan belajar siswa. Dan faktor ekstern (dari luar diri siswa) yang meliputi lingkungan, motivasi, kondisi guru, keluarga atau orang tua, serta keadaan ekonomi.
Kata Kunci : Faktor-faktor Rendahnya Minat Belajar Siswa
Download berkas