Penulis / NIM
YULISMI N DUKALANG / 151409087
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Yulismi N. Dukalang. Nim. 151 409 087. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Jenis-Jenis Tanah Melalui Metode Eksperimen di Kelas V SDN 1 Bua Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Djotin Mokoginta, S.Pd. M.Pd dan Pembimbing II. Irvin Novita Arifin, S.Pd. M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah dengan menggunakan metode eksperimen hasil belajar siswa tentang materi jenis-jenis tanah di kelas V SDN 1 Bua Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Bua Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo pada materi jenis-jenis tanah melalui metode eksperimen. Hasil penelitian observasi awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih sangat rendah. Hal ini nampak pada data yang diperoleh dari 20 orang siswa kelas V SDN 1 Bua Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo pada observasi awal jumlah siswa yang memperoleh nilai tuntas ada 5 orang atau 25%. Pada siklus I mulai ada peningkatan yaitu jumlah siswa yang memperoleh nilai tuntas (nilai 75 ke atas) ada 12 orang atau 60%. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu jumlah siswa yang memperoleh nilai tuntas (nilai 75 ke atas) ada 17 orang atau 85%. Sedangkan daya serap pada siklus I sebesar 74,25% dan daya serap pada siklus II sebesar 85.25%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN 1 Bua Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Meningkatkan Hasil Belajar dan Metode Eksperimen
Download berkas