SKRIPSI

Penulis / NIM
YULISMI N DUKALANG / 151409087
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK Yulismi N. Dukalang. Nim. 151 409 087. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Jenis-Jenis Tanah Melalui Metode Eksperimen di Kelas V SDN 1 Bua Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Djotin Mokoginta, S.Pd. M.Pd dan Pembimbing II. Irvin Novita Arifin, S.Pd. M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah dengan menggunakan metode eksperimen hasil belajar siswa tentang materi jenis-jenis tanah di kelas V SDN 1 Bua Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Bua Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo pada materi jenis-jenis tanah melalui metode eksperimen. Hasil penelitian observasi awal menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih sangat rendah. Hal ini nampak pada data yang diperoleh dari 20 orang siswa kelas V SDN 1 Bua Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo pada observasi awal jumlah siswa yang memperoleh nilai tuntas ada 5 orang atau 25%. Pada siklus I mulai ada peningkatan yaitu jumlah siswa yang memperoleh nilai tuntas (nilai 75 ke atas) ada 12 orang atau 60%. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu jumlah siswa yang memperoleh nilai tuntas (nilai 75 ke atas) ada 17 orang atau 85%. Sedangkan daya serap pada siklus I sebesar 74,25% dan daya serap pada siklus II sebesar 85.25%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi jenis-jenis tanah pada siswa kelas V SDN 1 Bua Kecamatan Batudaa Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Meningkatkan Hasil Belajar dan Metode Eksperimen
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011