Penulis / NIM
EMI IBRAHIM / 151409094
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Emi Ibrahim. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Panas Melalui Metode Eksperimen Di Kelas IV SDN 9 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I: Prof.Dr.H.Abdul Haris PanaI,S.Pd,M.Pd, Pembimbing II: Meylan Saleh, SPd, MPd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi panas melalui metode eksperimen di kelas IV SDN 9 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 9 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 24 orang siswa, yang terdiri dari 11 orang siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen mampu meningkatkan hasil belajar siswa melalui materi energi panas. Pada observasi awal rata-rata siswa yang memiliki hasil belajar tuntas yaitu sebanyak 3 siswa (12.50%) dari 24 siswa kelas IV SDN 9 Telaga Biru. Pada siklus I meningkat menjadi 15 siswa (62.50%) dan pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa (83.33%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Jika digunakan metode eksperimen maka hasil belajar siswa melalui materi energi panas pada siswa kelas IV SDN 9 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo dapat meningkat.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Eksperimen
Download berkas